Recent Posts

Tuesday, June 14, 2011

Tips Berlibur yang Ramah Lingkungan


Dalam kehidupan kita sering menemukan bahwa hal-hal yang kita senangi kebanyakan justru adalah yang buruk bagi kita. Contohnya, ketika Anda beranjak dewasa, sifat kedewasaan Anda mungkin saja memaksa Anda untuk makan sayuran karena berasumsi mereka "baik untuk Anda." Pada saat itu mungkin Anda frustasi dan bingung. Namun Anda tidak akan berpikir demikian lagi di kemudian hari, di saat Anda menyadari bahwa hubungan ini dengan segala sesuatunya tidak hanya menyangkut makanan sehat.
Jika Anda telah mencoba untuk menyesuaikan gaya hidup Anda menjadi lebih sadar lingkungan, Anda mungkin dapat melihat hubungan yang serupa. Contohnya, Anda mungkin akan bertanya kepada diri Anda sendiri pertanyaan ini: Mengapa hal-hal yang paling mudah dilakukan,  paling menyenangkan, dan seringkali tidak terlalu mahal, dalam pelaksanaannya justru paling mengancam lingkungan sekitar? Jadi, di dalam mencoba untuk tidak membuat kehidupan sehari-hari menjadi mustahil, kita coba menyeimbangkan hal ini sebaik mungkin.
Pengaruh tindakan yang kita lakukan terhadap lingkungan bukan hanya pada keseharian saja, namun pada saat-saat tertentu juga. Sebagai contoh, saat kita melakukan perjalanan berlibur, kadangkala kita seringkali mengesampingkan semuanya untuk beberapa saat, termasuk di dalamnya kebiasaan baik yang biasanya kita lakukan dalam gaya hidup asri. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda lakukan ketika merencanakan sebuah liburan sehingga Anda masih dapat memperoleh kesenangan, istirahat cukup dan relaksasi tanpa meliburkan kebiasaan hidup ramah lingkungan.
Pemecahan sederhana terhadap dilema merencanakan liburan ramah lingkungan adalah tinggal di rumah. Jika ini dilaksanakan, Anda dapat sesederhana mungkin mengatur kebiasaan Anda hidup ramah lingkungan.
Pada saat yang bersamaan, Anda dapat memperbolehkan diri Anda sendiri untuk melakukan kegiatan ekstra bersih-bersih dan pekerjaan rumah tangga lainnya yang mungkin saja terlupakan. Dengan tidak bepergian kemana pun, Anda tidak hanya akan menghemat sumber daya tenaga yang mungkin saja timbul akibat tujuan Anda, namun Anda juga dapat menghemat pengeluaran uang.
Dengan asumsi bahwa Anda ingin melakukan rencana perjalanan ke suatu tempat selama hari libur, satu hal yang dapat dilakukan adalah merencanakannya terlebih dahulu. Sebagai sebuah aturan yang umum, semakin Anda sering berada di dalam rumah maka semakin kecil pula jumlah perjalanan yang Anda akan lakukan, maka semakin ramah lingkungan pula perjalanan Anda nantinya.
Jika Anda berpergian ke luar negeri atau ke benua lain, penerbangan mungkin saja menjadi pilihan Anda satu-satunya dalam melakukan perjalanan. Di bawah kondisi lainnya, menumpang dan bepergian dengan jumlah anggota yang menghemat pengeluaran emisi karbon, sehingga akan meninggalkan efek positif untuk jangka waktu beberapa lama.
Perjalanan dengan penerbangan, bagaimanapun juga, banyak penelitian masih berpendapat bahwa melakukan perjalanan dengan jasa penerbangan adalah bentuk perjalanan yang paling sedikit ramah lingkungan dikarenakan besarnya jumlah emisi karbon yang dilepaskan pada saat pendaratan dan keberangkatan.
Jadi, jika Anda harus melakukan perjalanan dengan penerbangan berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan: Pilihlah penerbangan yang produk-produknya merupakan hasil daur ulang dan pilihlah penerbangan yang langsung ke tempat tujuan jika memungkinkan. Untuk perjalanan antar kota, pertimbangkan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta atau bis, lalu menyewa mobil, gunakan alat transportasi umum, atau berjalan kaki ketika Anda telah tiba di tempat tujuan.
Membuat rencana awal adalah penting agar tidak melupakan hal-hal lainnya, karena saat Anda melakukan perjalanan hati Anda bisa tergerak untuk membeli keperluan tak terduga. Bawa sebanyak mungkin barang-barang yang dapat digunakan berulang kali seperti kamera, pisau cukur, batu baterai, dan sebagainya.
Ada beberapa hotel penginapan yang didisain ramah lingkungan. Ketika memilih sebuah tempat untuk menginap, periksalah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terdapat hotel yang ramah lingkungan di area tersebut atau rencanakan perjalanan Anda ke tempat di mana tersedia pelayanan Rumah Sakit yang ramah lingkungan.
Di saat Anda berada di rumah, 3M (Mengurangi, Menggunakan kembali, Mendaur Ulang) tetap menjadi faktor penting untuk menuju hidup ramah lingkungan, begitu pula ketika Anda berada jauh dari rumah. Anda dapat mencoba memilih penginapan yang menyediakan wadah untuk mendaur ulang kembali kertas, plastik, kaleng, dan sebagainya.
Cobalah untuk hidup cermat dengan lingkungan sekitar Anda. Sebagai contoh, jika Anda menginap di hotel atau tempat peristirahatan, Anda mungkin tidak terlalu membutuhkan jasa layanan kebersihan setiap hari untuk menggantikan alas tidur Anda dan handuk, dan semua barang sekali pakai yang biasanya ditemukan di hotel-hotel dapat ditinggalkan sebagai hiasan dekorasi.  
Sebelum Anda pergi, rencanakan barang-barang yang mungkin saja Anda butuhkan namun belum Anda miliki.
Apabila memungkinkan, pertimbangkan untuk menyewa atau meminjam barang yang sekiranya tidak Anda gunakan lagi setelah melakukan perjalanan. Barang-barang ini dapat termasuk perangkat GPS, peralatan kemah, tenda, dan perangkat elektronik.
Pada akhirnya, sebelum Anda meninggalkan rumah, sangatlah penting meninggalkan rumah dalam keadaan ramah lingkungan. Contohnya, semua peralatan listrik harus diperiksa kembali dan untuk amannya sebaiknya dimatikan atau dicabut dari stekernya. Pemanas atau pendingin udara sebaiknya dimatikan atau disetel hingga suhu terendah. Anda dapat memeriksa kembali semua kran dan wadah air untuk meyakinkan mereka telah dimatikan atau air tidak mengalir lagi.
Berlibur adalah salah satu hal yang kita lakukan demi kesenangan, seperti banyak hal lainnya yang kita nikmati, apabila kita tidak berhati-hati dengan hal pilihan kita atau menikmati liburan secara berlebihan, mereka dapat melukai diri kita sendiri dan seringkali pada lingkungan. Dengan mengikuti beberapa saran, Anda dapat membuat liburan Anda berikutnya lebih ramah lingkungan dan lebih menyenangkan. 


sumber : erabaru.net
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment