Recent Posts

Friday, June 17, 2011

Dapatkah Kita Hidup Selamanya?


Pernah gak kalian kepikiran buat hidup abadi? Pasti pernah kan. Apalagi yg lagi kasmaran. Doyan banget bilang "i love you forever.." . Well, kalo diliat dari sisi religi, gak mungkin manusia bisa hidup selamanya. Semua pasti mati juga kan? Tapi, kalo diliat dari sisi biologis, hal ini mungkin terjadi.What..!!?? Ya! Mungkin... Nggak percaya? Baca terus....

Getting Old
Pertama, yang membuat kita tidak bisa hidup abadi adalah kenyataan bahwa kita ’menjadi tua’. Apa yg menyebabkan kita TUA?
Sebenarnya, penuan diakibatkan oleh ’kesalahan-kesalahan pengejaan DNA. Pengejaan disini adalah proses transkripsi DNA. Rangkuman Transkripsi DNA : DNA akan membentuk RNA, lalu RNA akan membentuk protein yg diperlukan tubuh. RNA sendiri adalah bentuk lebih sederhana dari DNA. Apabila DNA memiliki rantai ganda dan berpilin, RNA hanya berupa rantai tunggal yg pendek. 

Salah..
Kesalahan itu disebabkan oleh ’radikal bebas’. Wah apaan lagi tuh?? Radikal bebas adalah potongan molekuler yg dihasilkan selama metabolisme. Yang dalam bahasa gampangnya, ’ampas dari proses metabolisme’.
Akibat ’kesalahan eja DNA’ itu, sel-sel yg dihasilkan banyak yg cacat. Yang dampaknya bisa kita lihat, seperti keriput, ompong, tulang keropos, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

To Immortal..
Sejauh ini, ilmuan bekerja untuk mengkoreksi kesalahan eja DNA itu, yg memungkinkan dilahirkannya sel ’baru’ yg tidak cacat. Boleh jadi kedengarannya seperti impian belaka. Namun, ini teori yg sedang diubah menjadi kenyataan di lab-lab di seluruh dunia. Ambil contoh di Center for Moleculer Science pada University of Texas Medical Branch di Galveston . Dr. Samuel Wilson sedang bereksperimen dengan binatang, yg akhirnya akan menghasilkan obat untuk manusia. 

Epilog
Semoga saja ini semua dapat terwujud. Tuhan menyuruh kita untuk selalu berikhtiar. Bukannya ingin melawan kodrat Tuhan. Kita tau kita akan mati kemudian hari. Namun apabila kita bisa setidaknya ’awet muda’, kita bisa lebih baik dalam beribadah bukan?
Sumber : Buku 'Tubuh Ajaib'
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment