Recent Posts

Wednesday, August 24, 2011

Bantuan Darurat saat Kacamata Ketinggalan


Keadaan penglihatan darurat pada saat tidak ada kaca mata dapat terjadi pada saat kaca mata mendadak pecah sehingga tidak dapat digunakan, lalu saat tiba-tiba kaca mata hilang atau lupa membawa, terutama bagi orang yang sudah berumur lanjut. Sedangkan kita perlu sekali untuk melihat. Baik itu untuk penglihatan jauh ataupun penglihatan dekat.
http://tonyoke.files.wordpress.com/2009/06/kaca-mata.jpg
Misalnya saat kita berada disebuah toko ingin melihat harga yang tertera pada barang yang akan kita beli. Yang mana hurufnya kecil, kita tidak membawa kaca mata. Umur sudah lebih dari empat puluh tahun, sedangkan kalau tidak pakai kaca mata baca tidak mampu untuk melihat obyek yang kecil.


Dalam keadaan darurat ini ada satu cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan "Efek Pinhole". Prinsip efek pinhole adalah pada kelainan refraksi mata (kalainan penurunan penglihatan mata yang dapat diperbaiki dengan kaca mata), penglihatan akan bertambah baik bila melalui suatu celah atau lubang kecil.

Pada saat keadaan darurat, kita dapat membuat alat bantu terbuat dari sebuah karton kecil, berukuran 3 x 5 cm, kemudian pada karton tipis atau kertas tersebut dibuat satu lubang, dengan cara membuat lubang menggunakan ujung pulpen. Sehingga kita dapat mengintip melalui celah lubang tersebut. Tentunya huruf yang kecil akan tampak.
http://chestofbooks.com/arts/photography/The-Fundamentals-Of-Photography/images/Fig-13-Effect-of-Large-Pinhole.jpg
Namun ada yang lebih praktis, agar kita tidak usah membuat alat bantu yang harus kita buat terlebih dahulu. Yaitu menggunakan tangan kanan kita. Obyek yang akan kita lihat pegang dengan tangan kiri. Kemudian tangan kanan kita gunakan sebagai pengganti alat bantu yang telah diuraikan di atas.
[+pin+hole+pro+vi.jpg]
Dengan jalan membuat celah kecil antara ibu jari dan telunjuk. Dari celah tersebut akan terlihat obyek yang lebih jelas dan dapat terbaca. Ini berlaku untuk penglihatan jauh atau dekat. Jadi walaupun kita dalam keadaan darurat tidak menggunakan kaca mata masih dapat tertolong dengan cara ini.
Sumber :
gerainyeni.multiply.com

--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Sifat Positif Setan Yang Patut di Tiru



Setan dan manusia memang pada dasarnya 2 makhluk yang berbeda dan saling bermusuhan. Manusia pada umumnya pasti benci kepada setan karena sifat jahatnya. Namun, di sifat-sifat jahat ini ternyata ada beberapa sifat setan yang patut di tiru.
Mari kita intip beberapa sifat setan yang bisa kita tiru.
1. Pantang menyerah Setan tidak akan pernah menyerah selama keinginannya untuk menggoda manusia belum tercapai. Sedangkan manusia banyak yang mudah menyerah dan malah sering mengeluh dalam menggapai sesuatu ataupun dalam menghadapi ujian dari ALLAH SWT.
2. Kreatif Setan akan mencari cara apapun dan bagaimanapun untuk menggoda manusia agar tujuannya tercapai, selalu kreatif dan penuh ide. Sedangkan manusia ingin enaknya saja, banyak yang malas. Kebanyakan dari manusia selalu ingin mendapatkan mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan, padahal cara instan tersebut bisa merugikan orang lain. Yang Haram dianggap menjadi hal yang wajar(Halal)

3. Konsisten Setan dari mulai diciptakan tetap konsisten pada pekerjaannya, tak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan manusia banyak yang mengeluhkan pekerjaannya, padahal banyak manusia lain yang masih nganggur dan membutuhkan pekerjaan.
4. Solider Sesama setan tidak pernah saling menyakiti, bahkan selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Sedangkan manusia, jangankan peduli terhadap sesama, kebanyakan malah saling bermusuhan, membunuh dan menyakiti.

5. Jenius Setan itu paling pintar otaknya dalam mencari cara agar manusia tergoda. Sedangkan manusia banyak yang tidak kreatif, bahkan banyak yang jadi peniru dan plagiat, tidak mau menciptakan ide-ide baru.
6. Tanpa Pamrih Setan itu bekerja 24 Jam tanpa mengharapkan imbalan apapun. Sedangkan manusia, tidak dibayar tidak akan dilakukan. Materi seharusnya bukanlah hal yang terpenting dalam hidup ini! Harusnya kita saling membantu kepada sesama umat manusia.
7. Suka berteman dan kompak Setan adalah mahluk yang selalu ingin berteman, berteman agar banyak temannya di neraka kelak. Sedangkan manusia banyak yang lebih memilih mementingkan diri-sendiri dan egois. Manusia dalam mengerjakan sesuatu cenderung ingin menonjolkan kemampuannya sendiri dibanding bekerja sama dengan orang lain.
Sifat jahat setan memang hendaknya jangan ditiru! Tapi tidaklah dosa jika kita mencontoh sifat-sifat baiknya yang bisa berguna bagi kebaikan diri kita dan sesama

sumber : http://sayakasihtahu.blogspot.com/2011/08/7-sifat-positif-setan-yang-patut-di.html#ixzz1VvFcxtli
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Tips Mengawetkan Makanan Lebih Lama Secara Alami


1. Taruh Kentang yang dipotong separuh dalam lemari pendingin

http://i602.photobucket.com/albums/tt102/TusukSate2009/kentang.jpg
 
Kentang akan menyerap bau-bauan dari makanan yang disimpan. Tapi ingat, kentang harus diganti paling tidak 3 hari sekali.

 

2. Simpan telur dengan ujung yang lebih runcing di bawah

http://4.bp.blogspot.com/_1gEwzqj9xeA/S_bvthV5nlI/AAAAAAAAACI/2SNXS5684Dg/s1600/nasi-tim-telur.jpg

Dengan cara begini akan menjaga telur tetap segar lebih lama.

3. Taruh beberapa balok gula dalam wadah tempat menyimpan American Cheese

http://wartapos.files.wordpress.com/2009/12/gula.jpg?w=400&h=300

Gula akan menyerap kelembaban dan mencegah keju dari kerusakan.

4. Jangan simpan tomat dan timun di tempat yang sama

http://baliaromaticspa.files.wordpress.com/2008/11/tomat.jpg

Tomat menghasilkan gas yang mengakibatkan timun lebih cepat membusuk. Tomat dan timun sebaiknya tidak disatukan.

 

5. Jangan simpan apel dengan sayur dan buah lain

http://4.bp.blogspot.com/_tg1WDrGMvKc/TBrzU9S0QJI/AAAAAAAAAIE/EP6ZmW06Ubw/s1600/66202_sayuran.jpg

Apel menghasilkan gas yang membuat sayur dan buah lain cepat membusuk.

 

6. Taruh potongan apel atau kentang mentah bersama dengan roti

http://3.bp.blogspot.com/_OhhiDlVlFFM/Sum40cPWj-I/AAAAAAAAApU/69JJDZ--w10/s400/roti+celup+telur_blog+1.JPG

Roti akan tahan lebih lama dari biasanya.

Sumber :
www.kaskus.us

--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Cara gampang menentukan Qiblat sholat


http://3.bp.blogspot.com/_pS0VfZLYFgA/TFt5-jUe_bI/AAAAAAAACqc/Jlt33y1hVY8/s1600/2010117Kiblat.jpg

Akhir- akhir ini kita sering mendengar melalui beberapa media, bahwa banyak mesjid di Indonesia ternyata Qiblatnya melenceng jauh dari arah yang seharusnya
Sebagai seorang muslim, tentuhal ini meresahkan . Untuk melaksanakan sholat tentunya tidak dapat dilepaskan dengan arah qiblat untuk menghadap kepada-Nya. Banyak cara untuk menentukan ke arah mana arah qiblat yang benar. Selain kompas, salah satu adalah Qibla Locator.

Qibla Locator yang saya maksud adalah situs internet yang beralamatkan di http://apps.qiblalocator.com/ yang mana situs tersebut dapat menunjukkan ke arah mana qiblat yang benar. Qibla Locator menggunakan fasilitas peta di Google Map, selain menutukan arah qiblat, Qibla Locator juga dapat menunjukkan berapa kilometer jauhnya dari qiblat. Untuk mencari tempat yang ingin kita ketahui arah qiblatnya maka kita tinggal memasukkan kota yang kita tuju di kotak yang disediakan, tentunya fasilitas ini hanya menjangkau tempat yang sudah ada petanya di Google Map.
Gambar di bawah ini adalah gambar masjid Istiqlal Jakarta yang diambil dari Qibla Locator, garis merah menunjukan arah qiblat.


Selamat mencoba.

sumber : tongberis.net

--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Cara Akurat Menghitung Jumlah Kerumunan Orang


Telah dilaporkan bahwa jumlah orang yang hadir pada acara Glenn Beck Rally pada tanggl 28 Agustus 2010 berkisar antara 78.000 sampai 800.000 orang. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya menghitung banyaknya orang tersebut dan siapakah yang melakukan perhitungan ?
 

Untuk acara outdoor besar-besaran seperti pertemuan politik, maraton, kembang api, dan parade maka dibutuhkan sebuah perusahaan swasta yang disewa untuk menghitung jumlah peserta.

Para peneliti menerapkan berbagai metode untuk mendeteksi, melacak dan memantau kerumunan orang dengan menggunakan teknologi yang meliputi laser, satelit, foto udara, sistem grid 3-D, rekaman video dan balon pengawas. Biasanya peralatan tersebut diletakkan di beberapa blok sekitar lokasi kejadian atau melakukan penerbangan sekitar 400-800 kaki (120-240 meter).

Stephen Doig, seorang ahli sensus di Arizona State University mengatakan bahwa cara yang paling akurat untuk memperkirakan jumlah orang dalam kerumunan yang besar adalah mendapatkan citra udara yang baik, memecahnya menjadi daerah densitas sejenis, mengukur rekaman persegi masing-masing daerah, menerapkan nilai wajar untuk kepadatan di masing-masing daerah, dan menambahkan jumlah banyaknya orang di masing-masing daerah sehingga diperoleh total perkiraan. Tetapi cara yang lebih baik adalah dengan menghitung jumlah orang yang membeli tiket atau yang masuk melalui pintu masuk tetapi hal ini sayangnya jarang dilakukan.

Kerumunan Orang yang hadir pada Acara Pelantikan Presiden Obama di Washington DC (ddis.smugmug.com)

Dengan pengalaman dan teknik perhitungan yang dimilikinya maka Doig sempat dimintai bantuan oleh perusahaan AirPhotosLive.com untuk menghitung jumlah orang yang hadir pada Upacara Pelantikan Presiden Obama tahun 2009 dan acara Glenn Beck Rally di Washington, DC baru-baru ini).

Menurut Curt Westergard, Presiden AirPhotosLive.com, untuk mendapatkan jumlah orang yang hadir pada setiap acara maka perusahaan AirPhotosLive.com menggunakan kamera 360 derajat, panorama bola yang dapat menangkap gambar orang banyak dari setiap arah dan selama waktu “puncak” suatu acara, atau pada saat jumlah penonton paling banyak.

Dari beberapa pengambilan gambar, seorang analis memperkirakan ukuran gambar kerumunan orang. Serangkaian 3-D grid super dapat dikenakan atas beberapa gambar, memecah belah, dan gambar besar orang banyak yang kompleks menjadi lebih mudah untuk mengelola sistem.
This picture shows how a grid is used to estimate the population density of an area during Glenn Beck's Aug. 28 rally at the National Mall, an open-area national park in downtown Washington, D.C. Credit: www.Airphotoslive.com
Contoh bagian dari grid mencakup ukuran 100×100 kaki atau 500×500 meter persegi yang diukur dengan menghitung setiap orang yang berada di dalamnya. Beberapa Headcount diselaraskan ke dalam rumus matematika (dikenal dengan distribusi spasial kerumunan orang) yang menghitung banyaknya orang dalam setiap bagian jaringan yang seukuran berdasarkan kepadatan penduduk di setiap bagian.

Yang terpenting, perkiraan angka orang yang hadir dapat membantu dan menjaga banyak orang yang menghadiri pertemuan-pertemuan besar secara aman. Koordinator event dan pihak berwenang dapat merencanakan bagaimana mengatur lalu lintas di suatu daerah, berapa banyak personil penanggulangan medis yang akan diperlukan dalam keadaan darurat, dan berapa banyak personil keamanan yang akan disewa. Ukuran kerumunan orang juga diperlukan bagi media untuk melaporkan berita dan merekam peristiwa sejarah yang bisa saja rumit.

Menurut Boston University Center for Remote Sensing, pada tahun 1995 panitia “Million Man March” mengancam akan menggugat US National Park Service (NPS) setelah NPS memberikan laporan bahwa jumlah orang yang hadir pada acara tersebut hanya sekitar 400.000 orang . Sejak itu NPS berhenti merilis angka proyeksi kerumunan orang kepada publik.

Westergard mengatakan bahwa menghitung kerumunan orang adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Sebagai contoh semakin luasnya kerumunan orang yang tersebar maka semakin menantang untuk mendapatkan perkiraan yang akurat dari orang yang hadir. Hal ini bisa menjadi sulit untuk menentukan jumlah orang yang hadir apakah orang yang berada di perimeter acara memang benar-benar menghadiri acara tersebut atau berada di daerah tersebut karena alasan lain.

sumber : http://sayakasihtahu.blogspot.com/2010/09/cara-akurat-menghitung-jumlah-kerumunan.html#ixzz1VvEo1OvG
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Benarkah Menghitung Domba bikin Ngantuk?


Ketika mata tak juga mau diajak terpejam, banyak orang yang memilih untuk "menghitung domba" supaya kantuk lekas datang. Diharapkan kegiatan yang monoton itu akan membantu kita untuk terlelap. Namun benarkah cara ini efektif menimbulkan kantuk?



Para ilmuwan dari Universitas Oxford melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Dalam risetnya mereka melibatkan orang-orang yang menderita insomnia dan membaginya dalam beberapa kelompok. Kemudian para peneliti memonitor kecepatan timbulnya kantuk pada partisipan yang sudah dibagi dalam beberapa teknik pemacing tidur.

Rupanya ketika para partisipan penelitian itu mendapat instruksi untuk menghitung domba atau tidak diberi perintah apa pun, mereka justru lebih lama untuk mengantuk. Sebaliknya, ketika mereka diminta membayangkan sesuatu yang menenangkan, seperti pantai, mereka justru 20 menit lebih cepat tertidur.

Para peneliti menduga menghitung domba mungkin justru sangat membosankan, sedangkan membayangkan suasana yang tenang justru membuat tubuh lebih rileks sehingga lebih cepat tertidur.

Dalam penelitian lainnya, para ahli membandingkan orang yang mudah tidur dengan kelompok insomnia. Hasilnya tidak ada perbedaan yang berarti. Orang-orang yang insomnia biasanya membayangkan atau memikirkan sesuatu yang tidak menyenangkan, membuat cemas, lingkungan yang berisik, atau aktivitas yang sudah mereka lakukan di siang hari.

Itu sebabnya para peneliti menyimpulkan, jika Anda ingin cepat terlelap, jangan menghitung domba. Tapi bayangkanlah suasana yang tenang dan menimbulkan rasa nyaman. Mata pun dengan mudah akan terpejam.

Sumber :
health.kompas.com

--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Jalan Setapak yang Mengerikan


Kalau anda adalah seorang pecinta tantangan dan gemar menaklukkan medan yang berat bahkan beresiko mematikan, mungkin tempat ini dapat anda jadikan sebagai salah satu target petualangan anda selanjutnya.

Objek ini terdapat di pegunungan Huashan, Xian, China. Di pegunungan ini terdapat jalur setapak yang sangat mengerikan dan berbahaya namun cukup menantang untuk dilalui. Sangat cocok untuk penggemar tantangan.

Berikut ini foto-fotonya...


 
sumber : http://sayakasihtahu.blogspot.com/2010/09/jalan-setapak-yang-mengerikan.html#ixzz1VvDzLoen
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»

Bangunan Terunik di Dunia


1. Aqua - USA

Dibangun di Chicago dan selesai pada tahun 2009.

2. Chicago Spire - USA

Akan menjadi salah satu bangunan TERTINGGI di dunia dan selesai pada tahun 2010.

3. CCTV Headquarters - China

Salah satu bangunan yg dipersiapkan menjelang Olimpiade Beijing 2008

4. Penang Global City Center - Malaysia



Lokasinya akan di bangun di Penang Island dan diperkirakan pembangunannya butuh waktu paling sedikit 15 tahun.

5. Gazprom Headquarters - Russia

Salah satu bangunan raksasa dengan tinggi kurang lebih 300 meter (glass flame) dan akan memantulkan warna kurang lebih 10 kali, tergantung dari posisi matahari pada saat itu. Beberapa penduduk lokal yg kurang senang dengan adanya bangunan tersebut menjulukinya “corn on the cob”.

6. Burj Dubai - Dubai



Diperkirakan tinggi bangunannya sekitar 818 meter dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia (antenna paling atas bangunan tidak dihitung).

7. Rusia Tower - Rusia





8. Reggata Hotel - Jakarta








Indonesia pun bakal mempunyai bangunan megah nan unik di Jakarta dengan desain Arsitektur yang agak kontroversial.

9. Residence Antilia - India



Pembangunannya sudah dimulai di India, mirip seperti rak cd dari tumpukan batu yg unik.
sumber : http://sayakasihtahu.blogspot.com/2011/07/9-bangunan-terunik-di-dunia.html#ixzz1VvDPnj47
---------------------------------------------------------
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 
READ MORE»