Recent Posts

Friday, June 17, 2011

Berapa Jam Sebaiknya Anda Tidur Setiap Malam?



Ternyata, berbahaya tidur delapan jam dalam semalam. 

Orang dewasa yang tidur delapan jam atau lebih dalam semalam, meninggal dalam usia yang lebih muda daripada mereka yang tidur hanya enam atau tujuh jam dalam semalam. 

Sebuah penelitian selama enam tahun yang melibatkan 1,1 juta orang diterbitkan oleh Profesor Daniel Kripke dari Universitas California pada tahun 2004. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa sejumlah besar orang yang tidur delapan jam atau lebih (atau kurang dari empat jam) dalam semalam, meninggal selama masa penelitian enam tahun itu.

Rata-rata orang Inggris tidur antara enam dan tujuh jam semalam, satu setengah jam lebih sedikit setiap malamnya daripada kakek-nenek kita. Pada tahun 1900, waktu tidur malam yang normal adalah sembilan jam.

Terdapat sebuah bukti yang menyatakan bahwa kekurangan waktu tidur menyebabkan hilangnya IQ dan ingatan, dan kemampuan bernalar untuk sementara.

Leonardo da Vinci menghabiskan hampir separuh hidupnya dengan tidur. Sebagaimana Einstein, dia tidur siang sebentar beberapa kali, dalam kasusnya lima belas menit setiap empat jam. Leksikograf Dr. Johnson jarang bangun sebelum tengah hari. Filsuf Prancis Pascal juga menghabiskan banyak harinya dengan tidur-tiduran di tempat tidur.

Di sisi lain, gajah yang terkenal panjang umur tidur hanya dua jam sehari. Koala tidur selama dua puluh jam sehari, tetapi hidupnya hanya sepuluh tahun. Semut, sebagaimana disebutkan sebelumnya, tidur hanya beberapa menit sehari. 

Rata-rata orang memerlukan waktu tujuh menit untuk jatuh tertidur. Orang tidur yang sehat dan normal terbangun antara lima belas dan tiga puluh lima kali setiap malam. 

Belakangan ini terdapat delapan puluh empat jenis gangguan tidur yang diketahui, termasuk insomnia, mendengkur berlebihan, narkolepsi (tertidur saat hari masih terang), apnoea (berhenti bernafas saat tertidur), dan sindrom gelisah. Di Inggris terdapat dua puluh lima klinik tidur, semuanya "kelimpahan" pasien. 

Dua puluh persen penyebab kecelakaan kendaraan bermotor di Inggris adalah pengemudi yang jatuh tertidur. Cara terbaik untuk menghentikan kejadian ini adalah dengan menyelipkan sejumput rambut Anda di penghalau silau mobil Anda.
Cara terbaik kedua adalah dengan makan apel. Apel merangsang pencernaan dan memberikan energi yang dilepaskan secara perlahan-lahan, yang lebih efektif daripada minum kopi yang efeknya hanya jangka pendek.


sumber :forumsains.com
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

1 comments:

Kir-31 Tidur said...

Bagus. Baca punyaku jg yaa...

Post a Comment