Recent Posts

Friday, June 17, 2011

Inilah Makanan Sehat untuk Tulang Kuat


10 makanan sehat untuk tulang kuat
Untuk membangun tulang yang kuat, Anda membutuhkan dua nutrisi utama, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium bertugas menjaga dan membentuk struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Kekurangan dua nutrisi ini akan membuat Anda berisiko tinggi terkena osteoporosis.
Orang dewasa hingga usia 50 tahun harus mendapatkan 1.000 mg kalsium dan 200 internasional unit (IU) vitamin D sehari. Sedangkan bagi orang berusia diatas 50 tahun harus mendapatkan 1.200 mg kalsium dan 400-600 IU vitamin D.
Untuk menenuhi kebutuhan tubuh Anda terhadap 2 nutrisi ini, cobalah 11 makanan untuk kesehatantulang berikut ini:
  1. Yogurt
    Ada beberapa jenis makanan tertentu yang diperkaya dengan vitamin D seperti yogurt. Satu cangkir yogurt juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
  2. Susu
    Susu merupakan sumber kalsium yang terbaik. Seperti halnya yogurt, Anda bisa pilih produk susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda.
  3. Keju
    Keju memang mengandung kalsium dalam kadar yang cukup tinggi. Keju juga mengandung sedikit vitamin D.
  4. Sarden
    Ikan kecil ini sering ditemukan dalam bentuk kalengan, memiliki rasa gurih yang lezat. Sarden mengandung kadar vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi.
  5. Telur
    Telur adalah makanan yang mudah di dapat dan penyajiannya tidak terlalu sulit. Telur, terutama bagian kuningnya, mengandung 6% vitamin D dari kebutuhan harian Anda.
  6. Salmon
    Salmon dikenal memiliki kadar asam lemak Omega-3 berlimpah yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, sepotong ikan salmon juga mengandung lebih dari 100% vitamin D. Jadi konsumsilah salmon bagi kesehatan jantung Anda dan tulang Anda.
  7. Bayam
    Jika Anda tidak suka minum susu, maka bayam adalah alternatif untuk mendapatkan mendapatkan asupan kalsium. Semangkuk bayam dapat memenuhi 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda, ditambah dengan serat, besi, dan vitamin A.
  8. Sereal
    Produk sereal tertentu mengandung 25% dari kebutuhan vitamin D harian Anda. Konsumsi sereal bisa menjadi pilihan ketika Anda tidak punya waktu untuk memasak ikan salmon atau terpapar di bawah sinar matahari.
  9. Tuna
    Tuna adalah salah satu jenis ikan yang mengandung asam lemak sehat dan merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian vitamin D Anda.
  10. Sawi Hijau
    Seperti halnya bayam, sayur berdaun hijau ini juga penuh dengan kandungan kalsium. Semangkuk sawi mengandung lebih dari 25% kebutuhan kalsium harian Anda.
  11. Brokoli
    Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi, sehigga baik untuk kesehatan tulang Anda serta mencegah osteoporosis.
Nah, masukkanlah 11 makanan sehat ini ke dalam pola makan Anda untuk menjaga kesehatan tulang dan membuatnya semakin kuat. Selain itu, setiap jenis makanan tersebut juga memiliki nutrisi lain yang tak kalah hebat manfaatnya bagi kesehatan Anda.


sumber: dennysantoso.com
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment