Recent Posts

Tuesday, July 05, 2011

Tips Merawat Sepeda


kedengarannya memang sedikit kuno dan agak membuat kesal
karena di banding dengan sepeda
bagi orang yang mempunyai kendaraan yang lebih canggih dan cepat seperti mobil atau motor. mereka tidak ingin ambil pusing. tapi ini lumayan untuk menuju go green.
Misal :
jika biasanya di jakarta ada 10.000 orang yang menggunakan motor. asap yang di hasilkan lumayan banyak tentunya. tapi bagaimana bila kita dapat mempengaruhi setengah dari itu saja. tentu saja hasil yang di terima juga cukup memuaskan.
dari hal yang paling dasar dulu yang gan
nih ada cara merawat sepeda yang bak dan benar


tips merawat sepeda


merawat sepeda merupakan kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan seusai genjot. merawat sepeda ini merupakan kewajiban bagi penikmat sepeda yang bertujuan agar tunggangan menjadi awet dan siap untuk trek berikutnya.

anda tidak perlu menjadi teknisi handal untuk bisa melakukan perawatan rutin, tidak perlu juga invest peralatan mekanik secara khusus. yang perlu anda punyai adalah kemauan untuk meluangkan waktu merawat sepeda.

setelah anda memiliki kemauan dan waktu, berikutnya adalah siapkan kunci allen satu set, pembuka rantai, kuas cat kecil, sikat gigi bekas, sikat lantai kamar mandi, degreaser, dan lubricant. semua peralatan ini dapat anda beli toko sepeda langganan anda, kecuali sikat gigi bekas dan sikat lantai, tentu saja.

pertama, cuci bersih sepeda dengan cara menggunakan air dari selang dengan tekanan sedang. jangan pernah mencuci sepeda sekotor apapun dengan menggunakan air bertekanan tinggi (steam). air bertekanan tinggi akan membuat air masuk ke sela – sela komponen dan tidak dapat dikeluarkan dengan mudah. selain itu penggunaan steam akan membuat grease lepas dari perlekatan dengan komponen misal bearing, peluru besi (gotri) yang seharusnya dilindungi.

pakailah sabun atau paling bagus shampoo cuci mobil/motor. gunakan sikat lantai untuk merontokkan dan membersihkan ban dari lumpur kering dan kotoran lain. ingat sikat yang terlalu kaku bisa melukai permukaan ban dan bahkan meninggalkan bekas parut. pergunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian – bagian yang sulit dijangkau seperti tube seputar front derailleur, bagian dalam cassete, dan lain – lainnya. bersihkan cassete dan rantai dengan kuas sambil disemprot dengan air dari selang.

segera keringkan frame sepeda dengan kain khusus penyerap air. coba miringkan sepeda ke kiri dan kanan untuk membuang air yang terperangkap masuk. tidak lupa berdirikan sepeda dengan roda belakang beberapa saat untuk mengalirkan air yang tersisa. beberapa pabrikan sepeda membuat lubang buangan air di beberapa bagian frame untuk memudahkan air mengalir keluar. silakan dilihat dan dicermati bagian mana saja itu. biasanya di chainstay bagian dalam dekat dengan free hub, kemudian bottom bracket bagian bawah. untuk pemakai hollowtech II, pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam as bottom bracket tsb.

langkah selanjutnya, lepaskan rantai dengan bantuan alat pembuka rantai. semprot dengan degreaser. jangan gunakan wd40 kecuali memang kondisi rantai anda telah benar-benar parah, misal karatan. gantung rantai dan biarkan beberapa saat sampai seluruh sisa kotoran yang menempel luruh. jangan semprotkan degreaser selama rantai masih terpasang. ini berisiko cairan masuk ke as bb atau freehub dan melarutkan grease yang terpasang.

jangan pernah gunakan minyak tanah untuk membersihkan rantai, cassete dan crankset. selain minyak tanah semakin jarang didapatkan juga berisiko membuat beberapa bagian komponen khususnya yang terbuat dari karet serta plastik elastis akan mengeras dan bahkan bisa kehilangan fungsinya.

tunggu sampai rantai benar – benar kering dan bersih. setelah itu lumasi dengan lubricant khusus rantai. biasanya ada dua tipe, kering dan basah. pergunakant tipe basah saat sepeda sering dipergunakan di trek basah. begitu sebaliknya. setelah itu pasang kembali rantai ke tempatnya.

berikan lubricant di daerah derailleur baik depan dan belakang. cobalah mainkan shifter dan pastikan keduanya berjalan dengan sempurna. terkadang anda harus melakukan fine tuning setelah sepeda dipergunakan di medan yang berat.

selagi menunggu rantai kering, anda dapat merawat frame dengan memberikan zat pelapis frame. polisher ini ada yang dilengkapi dengan teflon untuk melindungi frame dari cacat akibat benturan benda keras seperti kerikil. setidaknya itu yang tertulis di dalam label kalengnya. seberapa efektifkan? kurasa perlu pemantauan dulu.

lakukan pengecekan beberapa bagian komponen dengan alat/kunci yang sesuai. hampir semua sepeda sekarang menggunakan allen key. cek stem, headset, handlebars, rd, fd, dan semua bagian mekanis. pastikan semuanya telah terpasang dengan baik.

berapa lama waktu yang dihabiskan untuk melakukan itu semua? tergantung kepada seberapa teliti dan sabar anda. biasanya, aku habiskan 2 jam di luar waktu pengeringan rantai. beberapa goeser bahkan membiarkan rantai kering selama 24 jam sebelum diberikan lubricant dan dipasang kembali. itu sih terserah kepada anda semua.
---selamat mencoba---


sumber: kaskus.us
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment