Recent Posts

Thursday, July 07, 2011

Ayo Bermain Congklak Online Sekarang Juga!


[congklak.gif]
Bagi anda yang hidup di desa pasti tidak asing dengan permainan ini 

Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.
Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congkak, dakondhakon atau dhakonan. Selain itu di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan nama MokaotanMaggalecengAggalacang dan Nogarata. Dalam bahasa Inggris, permainan ini disebut Mancala.
Permainan congkak dilakukan oleh dua orang.
Dalam permainan mereka menggunakan papan yang dinamakan papan congkak dan 98 (14 x 7) buah biji yang dinamakan biji congkak atau buah congkak.
Umumnya papan congkak terbuat dari kayu dan plastik, sedangkan bijinya terbuat dari cangkang kerang, biji-bijian, batu-batuan, kelereng atau plastik.
Pada papan congkak terdapat 16 buah lobang yang terdiri atas 14 lobang kecil yang saling berhadapan dan 2 lobang besar di kedua sisinya. Setiap 7 lobang kecil di sisi pemain dan lobang besar di sisi kananya dianggap sebagai milik sang pemain.
Pada awal permainan setiap lobang kecil diisi dengan tujuh buah biji.
Dua orang pemain yang berhadapan, salah seorang yang memulai dapat memilih lobang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lobang di sebelah kanannya dan seterusnya.
Bila biji habis di lobang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bila habis di lobang besar miliknya maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lobang kecil di sisinya. Bila habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Tetapi bila berhenti di lobang kosong di sisi lawan maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.
Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat dimabil (seluruh biji ada di lobang besar kedua pemain). Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.
Nah bagi anda yang ingin bernostalgia dengan permainan ini.silahkan download di mari… 
>>>>Download<<<<


atau yang main online, bisa di http://greenfootgallery.org/scenarios/617

CINTAILAH DAN LESTARIKANLAH PERMAINAN INDONESIA! 
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

4 comments:

fathiya mo iffatunnisa said...

thanks infonya kakakkk :D

Dean Daun said...

you're welcome

Bimby said...

wah bisa dong ajarin bikin game nya.. pengen bikin game, tp bingung bikin apa.. ini 2 player ya? bukan player vs comp? pgn bkin yg lawan komputer.. bs diajarin gak om?

Bois said...

Silakan coba congklak yang lainnya di sini http://bangbois.blogspot.com/2011/11/game-software-gratis.html

Post a Comment