Recent Posts

Sunday, May 29, 2011

Kenapa Wajah Bisa Berminyak?


Penyebabnya sih :

* Gen

* Pola Makan
Terlalu banyak proses gula, cairan dan masuknya garam bisa jadi kontribusi dalam masalah kulit
berminyak. Meski faktor keturunan diduga sebagai penyebab kulit berminyak, dokter kulit akan
tetap merekomendasikan pilihan diet dengan maksud mengatasi masalahnya.

* Hormon
Faktor biasa dalam masa remaja dimana terlalu banyak produksi sebum (minyak di bawah kulit)
sebagai hasil tingkat hormon yang tak menentu. Hormon juga cenderung tidak seimbang selama
masa hamil dimana kulit berminyak seringkali jadi sebuah masalah bagi para wanita sebelum
melahirkan. Pil KB juga dapat jadi masalah yang memperburuk keadaan ini.

* Kosmetik dan Cuaca

Cara Perawatannya :

*Memilih Makanan
Perbanyak makan jus alami tanpa pemanis buatan sehingga kulit terawat dan lebih segar, hindari makanan seperti gorengan dan perbanyaklah mengkonsumsi sayur- sayuran yang dimasak dengan jumlah minyak yang sedikit.

*Mencuci Wajah
Mencuci wajah yang berminyak memang penting, karena kulit berminyak umumnya cepat kotor oleh debu dan kotoran lainnya. Masuknya debu atau kuman-kuman kecil diwajah bila didiamkan atau tidak segera di bersihkan menyebabkan infeksi, karena debu atau kuman yang masuk dan tidak dapat keluar dan akhirnya menumpuk, bengkak dan timbullah jerawat.

Usahakan untuk membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari dengan sabun wajah yang cocok untuk jenis kulit berminyak.

Jika Anda merasa perlu membasuh wajah lebih dari dua kali sehari, bilas saja tanpa sabun dengan menggunakan air dingin. Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan terjadinya Reactive Seborrhea.

Jika Anda ingin menemukan sabun muka yang tak mengandung bahan kimia, lebih baik hindari sabun yang mengandung alkohol. Alangkah baiknya memilih yang berbahan dasar alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat. Kesemuanya memiliki fungsi resapan yang dalam dimana akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban.
Hindari penggunaan air panas saat mencuciu wajah Anda. Memang penting menghentikan keluarnya minyak berlebihan, tapi bukannya menghilangkan minyak sama sekali. Air panas mempermudah sabun menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah dan juga mempercepat keseluruhan proses, namun itu juga menyebabkan kulit jadi kering dan bersisik. Juga penting diperhatikan agar tak menggosok wajah secara berlebihan, hal itu juga menyebabkan minyak hilang secara berlebihan. Gerakan lembut dan perlahan saat membersihkan wajah cukup untuk mengurangi masalah kulit berminyak Anda tanpa harus menyebabkan kulit jadi kering.

* Pelembab
Menggunakan pelembab memang penting, tapi tipe yang Anda gunakan tak kalah pentingnya. Demi menghindari membelanjakan uang sia-sia lantaran memilih pelembab yang salah, perhatikan bahan yang terkandung dalam pelembab itu apakah sesuai dengan kulit Anda. Pelembab yang berbahan kimia atau sintetis justru dapat menyebabkan masalah termasuk reaksi alergi, dehidrasi, dan bahkan jerawat. Plus, jika keseimbangannya tak sesuai malahan akan menyebabkan keluarnya minyak berlebihan yang hendak Anda hindari. Setelah menggosok wajah dengan sabun yang lembut, sebaiknya gunakan pelembab berbahan alami seperti minyal almond, zaitun atau alpukat, dimana kesemuanya dapat melindungi, melembabkan dan membantu kulit tampak indah tanpa memberi efek samping seperti yang disebabkan bahan kimia dan sintetis.[link]

* Bedak
Untuk kulit berminyak, gunakan bahan bedak yang mengandung bahan penyerap minyak agar wajah tampil segar tanpa kilap. Jika kulit tampak mengkilap tengah hari, jangan langsung bubuhkan bedak. Serap dulu miyak tersebut dengan tisu. Baru bubuhkan bedak.[link]



** Beberapa orang telah menggunakan bahan alami untuk mengatasi wajah mereka yang berminyak. Berikut adalah beberapa metode penggunaan bahan alami ini:

Metode pertama. Kentang dan bengkoang, masing-masing satu biji, diparut atau diblender sampai halus lalu dibuat untuk masker. Bersihkan dahulu wajah menggunakan air hangat lalu keringkan memakai handuk.Gunakan parutan tersebut untuk masker setiap akan tidur.[link]

Metode kedua. Ambil 1 buah timun, belah 4 memanjang. Lalu bagian dalam yang berbiji agak dicacah dan gosok ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 10 - 15 menit. Bersihkan dengan air hangat. Lalu lap dengan handuk bersih. Setelah itu beri dengan pelembab.

sumber : yahoo.com
--------------------------------------------------------- 
  Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment