Recent Posts

Tuesday, May 17, 2011

Sekali Bersin Ancam 150 Orang





Para pekerja yang menggunakan angkutan umum untuk menjangkau tempat kerja sebaiknya lebih waspada. Penyebaran penyakit lewat angkutan umum tergolong sangat cepat.

Pekerja yang menggunakan transportasi umum berisiko dua kali lebih mungkin terkena penyakit dibanding yang bekerja di rumah. Ilmuwan menemukan, seorang penumpang yang bersin satu kali dalam angkutan umum seperti bus atau kereta api, menyebarkan virus influenza kepada 150 penumpang lainnya dalam lima menit.

Tanpa menggunakan sapu tangan atau tisu, sekali bersin akan menyebarkan 100 ribu kuman yang memenuhi udara. Setelah itu, kuman akan menyebar ke seluruh penjuru, mulai dari kursi, lantai, langit-langit hingga ban atau rel kereta.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, studi menemukan 98 persen orang yang bepergian dengan bus dan 96 persen penumpang kereta api tertular virus flu selama musim dingin dan pancaroba.

Namun, orang yang bekerja di rumah dan mengalami flu hanya mencapai 58 persen. Juru bicara produsen obat, Lemsip, Hanna Nowak, mengatakan kuman flu tidak dapat dihindari sepenuhnya namun dapat menghentikan penyebarannya.

Sebuah survei lain menemukan, 25 persen wanita mengaku kehilangan simpati mereka terhadap pasangan atau suami yang mengeluh flu. Sebaliknya, 70 persen pria mengaku bersimpati terhadap pasangan yang mengidap flu. Sementara 60 persen pria bahkan menawarkan bantuan mengerjakan pekerjaan rumah tangga pasangan yang sedang sakit. 



sumber : vivanews.com
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment