Recent Posts

Monday, April 11, 2011

Berbelanja Bisa Bikin Hidup Lebih Lama!



PENELITI mengungkapkan berbelanja ternyata bisa membuat orang panjang umur. Dengan berbelanja, Anda dapat bertemu orang lain, badan bergerak, dan mempertahankan pola makan yang sehat. Hasil penelitian diterbitkan dalam Journal of Epidemiology dan Community Health baru-baru ini.

Seorang pakar terkemuka di Inggris, David Oliver, mengatakan temuan itu masuk akal. Sebab, berbelanja melibatkan kegiatan fisik, interaksi sosial, dan membuat mental orang lebih aktif. Manfaat itu lebih terasa pada warga yang usianya di atas 65 tahun.

Penelitian dipimpin Dr Yu-Hung Chang dari Lembaga Ilmu Kesehatan Kependudukan Taiwan. Ia dan timnya meneliti hampir 2.000 pria dan wanita usia 65 tahun ke atas yang tinggal di rumah mereka sendiri.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang secara berkala berbelanja hidup lebih lama daripada mereka yang berbelanja hanya satu kali satu pekan atau kurang. Peneliti juga memperhitungkan faktor-faktor seperti kelemahan fisik dan kemunduran kemampuan kognitif.

Mereka mengakui berbelanja mungkin adalah pertanda awal kesehatan yang bagus. Namun mereka juga secara tersirat mengatakan berbelanja itu sendiri bisa meningkatkan taraf kesehatan.

"Berbelanja sering untuk bersenang-senang dengan peluang untuk meningkatkan kondisi psikologi," ujar peneliti. "Jika dibandingkan dengan jenis kegiatan fisik santai lain, seperti gerak badan resmi, yang biasanya memerlukan motivasi dan terkadang petunjuk profesional, kegiatan berbelanja lebih mudah dilakukan dan dipertahankan."(go4/***)



sumber : metrotvnews.com
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment