Recent Posts

Saturday, November 20, 2010

Apa sih itu FourSquare?


Share : www.upilkeren.blogspot.com

Kreatifunia menggunakan facebook atau twitter? Lewat dua layanan tersebut kita bisa lebih mudah berkomunikasi. Tapi pastinya bakal lebih seru kalau kita juga bisa berbagi tips, info tempat makan enak, venue acara seru, cafe  cozy, atau tempat hang-out asyik. Sejak beberapa waktu lalu ada beberapa layanan yang memberikan kita kemudahan untuk semua itu, dan dalam tech tips artikel kali ini KUMMARA ingin memperkenalkan satu yang paling seru: foursquare.
Apa sih foursquare? sederhananya, foursquare adalah satu layanan berbasis lokasi. Jadi kita bisa bagi info tentang lokasi yang kita kunjungi, berbagi review singkat, sekaligus bermain ( berlomba jadi yang paling aktif/loyal dan mengumpulkan badge keren).
Sebelum kita bisa menikmati serunya layanan ini, tentu kita harus mendaftar terlebih dahulu dan caranya cukup gampang.
Untuk kalian yang pake mobile internet (handy) kalian bisa langsung masuk ke Foursquare mobile (http://m.foursquare.com) klik “sign up” dan masukkan semua data yang diperlukan.
Untuk kalian yang ada didepan komputer kalian bisa langsung masuk ke website foursquare (http://foursquare.com) klik “join now” dan masukkan semua data yang diperlukan.
Tip: Buat yang pake komputer, kalian juga bisa langsung aktifkan twitter dan facebook connect. Jadi tiap kalian check-in di satu lokasi, foursquare akan otomatis meng-update info tersebut ke facebook dan twitter kalian. Buat yang daftar via handy – fasilitas ini bisa kalian aktifkan kemudian waktu kalian login via laptop/pc.
Satu konsep penting dari foursquare adalah layanan ini berbasis lokasi yang artinya foursquare fokus pada pengguna yang mobile dan dinamis, oleh karena itu – semua fasilitas utamanya hanya bisa diakses dari versi foursquare mobile (http://m.foursquare.com). Versi web dasarnya sendiri (http://foursquare.com) hanya berperan sebagai “admin area” dimana kita bisa melakukan editing data dan melihat statistik lengkap. Selain itu di sana, kita juga bisa mendownload aplikasi fousquare khusus untuk iphone/ipod touch dan Android.
Ok – sekarang kita bisa fokus ke fasilitas yang ditawarkan (semua ini hanya bisa di akses dari versi mobile http://m.foursquare.com):
  • Find your friends (1) untuk kita bisa mengetahui lokasi teman-teman.
  • Check in (2) adalah tempat yang kita kunjungi. Bisa restauran, rumah, cafe, uni, bioskop, atau apapun.
  • Shout (3) adalah fasilitas untuk menambahkan pesan singkat. Jika kalian telah mengaktifkan fasilitas twitter dan facebook connect maka pesan ini akan langsung tampil mengupdate facebook dan twitter status kalian.
  • Badge (4) menunjukkan prestasi apa yang telah kita capai. Badge ini hanya akan terbuka jika kita telah menyelesaikan atau mencapai satu level tertentu.
  • Leaderboard (5). Di sini kita bisa melihat siapa yang paling aktif dan kita bisa sedikit berlomba vs teman atau pengguna lainnya. Semua nilai yang ada direset satu minggu sekali (hari minggu). Jadi selalu ada kesempatan untuk jadi yang paling aktif di minggu tersebut.
  • Change location (7) jika kalian berpindah dari satu kota ke kota lainnya.
Tip: Jika kalian berpindah dari satu kota ke kota lain, jangan lupa Change location (7) kalian terlebih dahulu sebelum check-in (2)  di satu tempat. Untuk beberapa smartphone yang dilengkapi fasilitas GPS  semuanya jadiotomatis dan kalian bisa langsung check in.
Tip: Semakin sering kita check-in di satu tempat, semakin besar kesempatan kita untuk menjadi “Mayor” di tempat tersebut. Dan khusus untuk kalian yang jadi Mayor di kummara bakal ada banyak fasilitas istimewa yang bakal kalian dapatkan!  Untuk bisa check-in di kummara, kalian tinggal change location ke “Bandung, Indonesia” dan check-in di “kummara”.
Add me! http://foursquare.com/upil_keren

------------------------------------------------------
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
Good Luck
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends!

Related Posts

1 comments:

rian sofiana said...

jadi intinya foursquare itu cuma bisa di smartphone aja?

Post a Comment