Recent Posts

Saturday, July 21, 2012

Tips Ketika Ponsel Tercebur Air


Pernahkah terjadi dengan Anda? Sebenarnya ponsel yang tercebur ke dalam air itu masih bisa diselamatkan. Tips ini hanya untuk mencoba sebelum menyatakan handphone tersebut mati total. Meskipun belum tentu berhasil tetapi apabila berhasil setidaknya handphone tersebut masih bisa digunakan. Berikut tipsnya:
  • Pada saat tercebur, segera angkat dari air lalu yang pertama dilakukan adalah mencabut baterai. Tanpa perlu mematikan ponsel tersebut. Jangan pikirkan data dan isi dari ponsel tersebut, karena sudah pasti hilang.
  • Setelah baterai terlepas lanjutkan dengan melepas SIM Card, Memory Card apabila ada. Kalau Anda bisa membuka casing ponsel tersebut akan lebih baik lagi. Karena air biasanya akan berkumpul di bagian dalam dan apabila dibuka casingnya akan lebih cepat dalam pengeringan. Tidak perlu takut garansi hilang apabila membuka casing ponsel, karena setelah ponsel terkena air pun garansi sudah pasti dinyatakan hangus
  • Gunakan kompresor kecil yang dapat menghembuskan udara atau menghisap udara. Apabila tidak ada, bisa juga menggunakan hairdryer tetapi tidak disarankan. Karena Panas hairdryer bisa merusak komponenmainboard ponsel. Usahakan anda bisa mengatur panas dari hairdryer tersebut sehingga komponen padamainboard ponsel aman dari panas.
  • Cara selanjutnya adalah menggunakan beras. Ya Beras! Beras bisa menyerap air. Butir-butiran air yang tersisa di dalam ponsel bisa terserap hanya dengan menaruh ponsel anda kedalam kantung yang berisi beras secukupnya. Rendam di dalam beras kurang lebih 2-3 hari.
  • Setelah anda benar-benar yakin bahwa ini sudah kering, silahkan nyalakan ponsel Anda. Mudah-mudahan bisa tertolong. Apabila tidak silahkan di bawa ke service center. Apabila bisa diperbaiki, pasti akan ada biaya perbaikan karena garansi sudah dinyatakan hangus akibat terkena air.
Cara ini meskipun tidak menjamin 100% ponsel Anda berhasil menyala, tetapi setidaknya Anda sudah mencoba sebelum menyatakan ponsel Anda mati total. Sekarang ini beberapa distributor juga mulai menawarkan penjualannya dengan asuransi. Apabila hilang, terjatuh dan terkena air, bisa dilindungi oleh asuransi. Meskipun total harga yang ditawarkan menjadi lebih mahal tetapi apabila anda termasuk kategori orang yang ceroboh sebaiknya pertimbangkan untuk mengambil asuransi ini.
Semoga tipsnya bermanfaat.
Sumber: Tim Jeruknipis.com dan berbagai sumber
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment