Recent Posts

Wednesday, May 11, 2011

Wah, Teknologi Komputer Miskinkan Kreativitas Anak





IBARAT dua mata pisau, teknologi komputer dapat memberi manfaat dan efek yang merugikan pada perkembangan kreativitas anak. Penelitian Pilot Pen Australia Creativity menemukan komputer dapat mematikan kreativitas anak.

Menurut peneliti, anak-anak dapat terlalu bergantung pada teknologi komputer. Banyak anak yang takut dengan tugas menulis tangan karena tak ada alat untuk memeriksa kesalahan ejaan atau tata bahasa seperti komputer. 

"Anak-anak yang mengembangkan ketergantungan pada perangkat lunak komputer cenderung tidak menyukai untuk menulis dengan menggunakan pena dan kertas mengingat bahwa mereka akan merasakan kerentanan terhadap kesalahan," kata penulis laporan, psikolog Kimberley O'Brien.

Dikatakannya, dengan menggunakan software yang segera memberitahu anak-anak untuk memperbaiki kesalahan seperti ejaan dan tata bahasa bisa mengganggu pola pemikiran mereka dan mengganti ide-ide mereka.

Anak-anak yang menulis dengan tangan mampu menghasilkan hampir dua kali lebih banyak ide daripada yang menggunakan teknologi komputer untuk menulis cerita kreatif.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 300 anak berusia lima dan enam tahun. Temuan lainnya, esai dengan tulisan tangan ternyata mampu diselesaikan secara signifikan lebih cepat dan mengandung standar yang lebih tinggi dilihat dari struktur kalimat, tata bahasa, tanda baca, kohesi, pengembangan gagasan, dan organisasi daripada yang menggunakan keyboard. 



sumber : metrotvnews.com
---------------------------------------------------------
  Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

1 comments:

The Geeks said...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Post a Comment