Recent Posts

Friday, March 11, 2011

Tips Masangin (Masuk Kedua Beringin) Jogja


Share: 

Cerita mengenai Jogja begitu banyaknya, termasuk Masangin (Masuk Kedua Beringin) Alun-alun kidul.
Dalam ritual ini siapa yang bisa berjalan dengan mata tertutup sampai melewati antara duaringin kurung maka akan mendapatkan berkah dan permohonannya akan terkabul. Ritual tersebut disebut masangin (kepanjangan dari ‘masuk diantara dua pohon beringin’). (Sampai saat ini) masih banyak yang melakukan dan mempercayainya.* Sha Iluva
Taukah anda bagaimana caranya agar lolos berjalan diantara ringin kurung dengan mata tertutup. Bukan sulap bukan sihir, tidak berbau mistis. Caranya ialah,
1. Berdoa sebelum memulai
Agar lebih mak Nyuss
2. Hitung langkah
Sebelum melakukan “ritual” Masangin, hitunglah berapa langkah yang harus dicapai untuk Masangin. Jangan sampai anda hanya berjalan untung-untungan.
3. Posisi tengah
Ibarat penyerang sepak bola, posisi tengah tentu menguntungkan, kenapa? Karena jika kita melenceng dalam berjalan ada toleransi melencengnya. Jangan menempatkan diri pada posisi tepi.
4. Konsentrasi
Akan lebih baik melakukan “ritual” Masangin. Pilihlah waktu malam hari, agar lebih seru. Situasi Alkid tak pernah sepi, sementara Masangin butuh konsentrasi yang tinggi. Tenangkan pikiran dan hati. Konsentrasi pikiran, hanya untuk Masangin, jangan ada yang lain.
5. Jangan berfikir macam-macam
Jangan berfikiran, jangan-jangan Masangin ada yang “nunggu”. Persoalan ada yang “nunggu” atau tidak, biarlah itu menjadi urusan metafisika.
6. Fokuskan pada satu titik cahaya
Pilihlah satu focus cahaya, agar anda mempunyai focus arah yang jelas. Jangan berpindah fokusnya, dengan mata yang tertutup focus cahaya itu penting
7. Berjalan terus
Tak tahu salah atau benar, sudah lolos atau belum, berjalanlah terus. Jangan hiraukan apa yang dikatakan orang sekitar. Pilihlah orang yang mendampingi anda itu orang yang tidak main-main, maksudnya dimana anda sudah berada dalam keadaan yang lurus. Pendamping Masangin anda malah membelokkannya.
8. Teruslah latihan sampai bisa…hehe
Akhir kata, semoga mendapatkan berkah dan rumusnya bisa segera dipraktekkan. Jogja menanti.
Salam hangat.
sumber : http://wisata.kompasiana.com

---------------------------------------------------------
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment