Recent Posts

Saturday, December 03, 2011

Tari Saman Resmi Masuk Daftar UNESCO


 
Tari Saman akhirnya resmi masuk dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO. Kesepakatan itu diambil dalam sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan warisan budaya tak benda UNESCO.

Berkas nominasi Saman telah disusun dengan teliti dan diajukan kepada UNESCO pada Maret 2010 oleh Menko Kesra, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Aceh, Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasim serta pemeritah Kabupaten Gayo Lues dan masyarakat luas. 

Setelah berkas diperiksa oleh Sekretariat UNESCO kemudian oleh NGO dan pakar internasional, lantas diajukan dalam sidang di Bali pagi ini. Setelah melalui proses panjang, Tari Saman akhirnya dinyatakan memenuhi persyaratan dan telah ditetapkan pukul 09:47 Wita, di Nusa Dua, Bali, Kamis 24 November 2011.

Menko Kesra Agung Laksono mensyukuri keberhasilan ini. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang untuk meneliti di lapangan, kemudian menyusun berkas serta mendukung dan memperjuangkan nominasi Tari Saman ini sampai ditetapkan di Bali. 

Agung mengingatkan bahwa upaya pelestarian Tari Saman tidak berakhir dengan penerimaan piagam yang ditandatangani Direktur Jenderal UNESCO, melainkan ini merupakan awal pelaksanaan rencana tindakan untuk melindungi dan mengembangkan warisan budaya Saman oleh semua pemangku kepentingan.
Sidang sesi ke-6 merupakan sidang akbar tahunan yang dihadiri lebih dari 500 orang anggota delegasi dari 69 negara, LSM internasional, pakar budaya dan media. Acara ini digelar di Bali International Convention Centre mulai 22-29 November 2011. Indonesia dipercaya oleh 137 Negara Konvensi 2003 UNESCO untuk Pelindungan Warisan Budaya Takbenda untuk menjadi tuan rumah dan memimpin Sidang yang bergengsi ini.


sumber:vivanews.com
 --------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment