Recent Posts

Thursday, August 04, 2011

Lampu Pintar yang Hemat Listrik


“Jangan lupa matikan lampu saat meninggalkan ruangan.” Mungkin kalian sudah sering mendengar kalimat ini dan sering juga melakukannya. Itu bagus. Namun, siapa, ya, yang bertugas mematikan lampu di jalan raya?
Di antara kota-kota lain di seluruh dunia, Kota Delft di Belanda mungkin satu-satunya kota yang tidak “lupa mematikan lampu”. Seorang alumnus dari Universitas Teknologi Delft, Chintan Shah, telah mengembangkan terobosan baru yang kreatif: teknologi lampu pintar!
Shah menciptakan sistem lampu jalan yang dilengkapi dengan sensor gerak. Jadi, jika tidak ada orang atau kendaraan yang bergerak di dekat mereka, lampu-lampu ini akan redup hingga 20 persen.
Pencahayaan dari lampu-lampu ini berasal dari lampu LED. Jika ada orang atau kendaraan yang mendekat, gerakan mereka akan terdeteksi oleh lampu terdekat. Secara otomatis, pencahayaan akan naik menjadi 100 persen. 
Kolam Cahaya 
Sebagai eksperimen, Shah menguji coba teknologi ini di lingkungan kampus. Penggunaan sistem lampu ini membuat jalanan terlihat unik. Jika sekumpulan orang berjalan, akan terlihat seperti ada kolam cahaya atau circle of light. Jika dilihat menggunakan satelit, lampu-lampu ini seperti lampu sorot yang berganti-gantian menyala sesuai dengan laju orang-orang atau kendaraan. Jika kamu sulit membayangkannya, kamu dapat menonton videonya:


Hemat Energi
Sistem semacam ini dapat mengurangi konsumsi energi. Asal tahu, negara Belanda mengeluarkan dana 310 juta euro (3,72 triliun rupiah) tiap tahun hanya untuk penerangan jalanan. Biaya ini menghabiskan hampir setengah dari total dana listrik di Belanda. Selain itu, sistem lampu pintar ini bisa mengurangi pengeluaran CO2 hingga 80 persen. Padahal, dengan sistem normal, tiap tahun ada 1,6 juta ton CO2 yang dikeluarkan. Dengan demikian, udara malam di Kota Delft akan terasa lebih segar. 
Saskia Bolten, seorang warga Delft mengaku sangat senang dengan teknologi ini. “Teknologi ini sangat ramah lingkungan. Saya berharap teknologi ini juga dapat dipakai di seluruh dunia,” ujarnya.


sumber: berani.co.id
--------------------------------------------------------- 
Follow upil_keren on Twitter
Like to get the latest updates!
---------------------------------------------------------------
Share this great information with your friends! 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment